Get this widget!
Pencarian
 
 

Display results as :
 

 


Rechercher Advanced Search

Latest topics
» Ready Stock Guci Emboss Burger Trisensa
by renaldy Tue Feb 28, 2017 8:25 am

» Ready Stock Ember 12 Galon + Tutup Pc-10 Lion Star
by renaldy Mon Feb 27, 2017 8:35 am

» Ready Stock Crystal F6937s Soga
by renaldy Sat Feb 25, 2017 8:40 am

» Ready Stock Corong Ld-01 6cm
by renaldy Fri Feb 24, 2017 8:19 am

» Ready Stock Excel Container L-4 Xc-12 Lion Star
by renaldy Thu Feb 23, 2017 8:51 am

» Ready Stock Baterai Alkaline AA Abc
by renaldy Wed Feb 22, 2017 8:31 am

» Ready Stock Baskom No. 18 Komet Star
by renaldy Tue Feb 21, 2017 8:33 am

» Ready Stock Kursi High Stool G-6 Lion Star
by renaldy Mon Feb 20, 2017 8:27 am

» Ready Stock Bak Segi 302 Komet Star
by renaldy Sat Feb 18, 2017 8:26 am

» Ready Stock Bak Basin Usa 27 Ba-26 Lion Star
by renaldy Fri Feb 17, 2017 8:25 am

Flor Advertising
free forum

free forum

free forum

RSS feeds


Yahoo! 
MSN 
AOL 
Netvibes 
Bloglines 



Tips Mengolah Brokoli Untuk Balita agar Vitaminnya Terjaga

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Tips Mengolah Brokoli Untuk Balita agar Vitaminnya Terjaga

Post by Viachat on Mon Oct 22, 2012 1:18 pm

Tips Mengolah Brokoli Untuk Balita agar Vitaminnya Terjaga



***


Tips mengolah brokoli agar vitaminnya terjaga yang tepat. Brokoli, sayuran hijau yang berbentuk agak keriting ini bisa dibilang sangat mudah ditemukan karena bentuknya yang khas, terkadang hampir disamakan dengan kembang kol. Hanya bedanya brokoli itu berwarna hijau dan kembang kol itu bisa dibilang berwarna putih. Brokoli merupakan sayuran yang termasuk ke dalam suku kubis-kubisan. Sayuran ini kaya akan vitamin asam folat yang dibutuhkan oleh tubuh, oleh karena itu ada baiknya jika tips mengolah brokoli agar vitaminnya terjaga ini harus benar-benar dilakukan karena kandungan didalam sayuran brokoli ini dibutuhkan oleh Balita untuk masa pertumbuhannya.

Kandungan Nutrisi Dari Brokoli


Vitamin yang terkandung di dalam brokoli sangatlah melimpah. Dari 156 gr brokoli terdapat kandungan vitamin A, B kompleks, kaya akan vitamin C, E dan K. Bukan hanya itu saja sayuran brokoli ini juga mengadung serat yang tidak kalah jumlahnya dengan roti gandum, yang berguna untuk sistem pencernaan Balita. Selain itu, brokoli juga memiliki tingkat kalori yang rendah, rendah lemak, dan bebas dari kandungan asam lemak tak jenuh. Tinggi kalium dan rendah sodium.

Mengkonsumsi brokoli berarti bisa mengurangi kemungkinan untuk terkena penyakit kanker, karena mengandung zat anti kanker didalamnya. Selain itu sayuran brokoli ini juga bisa menormalkan kadar gula dalam darah, sehingga bagus untuk penderita diabetes, atau juga bisa membantu insulin dalam mengerjakan fungsinya.

Tips Mengolah Brokoli agar Vitaminnya Terjaga


Setelah memahami kebaikan brokoli bagi kesehatan, lalu bagaimanakah cara mengolah brokoli dengan baik, berikut ini tips mengolah brokoli agar vitaminnya tetap terjaga :

1. Dibersihkan.

Sebelum memasak sayuran brokoli ini ada baiknya jika sayuran ini dibersihkan dengan cara dibilas dengan air jangan direndam, karena jika direndam akan menghilangkan sebagian nutrisi di dalamnya. Oleh karena itu lebih baik diolahnya dalam keadaan segar, dan jangan disimpan dengan cara direndam dengan air, walaupun terkadang cara ini bisa membuat sayuran dapat terlihat tetap segar.

2. Dikukus.


Cara mengolah brokoli terbaik ialah dengan cara dikukus. Karena dapat mempertahankan kandungan dan vitamin didalamnya.

3. Direbus.


Cara ini memang kurang baik, karena dapat menghilangkan kandungan didalamnya. Tapi jika tetap menginginkan untuk memasak atau mengolahnya dengan cara direbus. Jangan gunakan air dalam jumlah terlalu banyak. Dan rebuslah brokoli ini dengan tutup panci tertutup rapat agar nutrisinya tidak terbuang melalui uap.

4. Tangkai brokoli.

Rebuslah brokoli dimulai dari tangkainya dengan agak lama, sekitar 1-2 menit, hal ini dikarenakan tangkai brokoli merupakan salah satu bagian yang keras, sehingga perlu waktu lama untuk membuatnya agak lunak, setelah itu barulah bagian mahkotanya.

Agar vitamin di dalam brokoli tetap terjaga, cara terbaik untuk mengolah brokoli ialah dengan mengukusnya, walaupun ingin mengolahnya dengan cara direbus, rebuslah tidak lebih dari 5 menit. Dengan memberikan sayuran brokoli kepada anak kita maka akan meningkatkan sistem kekebalannya terutama terhadap kanker. Karena sayuran brokoli ini mengandung zat anti kanker, juga bisa menjaga kadar gula dalam darah. Brokoli ini bisa disajikan dengan mayonaise atau pendukung rasa lainnya agar terlihat lebih menarik bagi anak-anak terutama yang berusia 2-5 tahun. Demikian tips mengolah brokoli agar vitaminnya terjaga.


Sumber : artikelkesehatananak.com

avatar
Viachat
Co.Admin
Co.Admin

Jumlah posting : 100
Points : 319
Reputation : 21
Join date : 01.10.12
Lokasi : Jakarta

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas


 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik